Futures

Merupakan kontrak keuangan yang mewajibkan si pembeli untuk membeli suatu aset (atau penjual untuk membeli suatu aset), seperti komoditas atau instrumen keuangan, pada tanggal tertentu di masa yang akan datang dan pada harga yang sudah ditetapkan dimuka. Kontrak futures menguraikan kualitas dan kuantitas dari aset-aset. Kontrak ini sudah menjadi standar untuk mengfasilitasi perdagangan di bursa berjangka. Beberapa kontrak futures bisa menyertakan penyerahan fisik aset, sementara yang lainnya dalam bentuk cash. Sifat dari pasar berjangka ini adalah ketersediaan leverage yang tinggi, yang membedakannya dari pasar modal.


Futures bisa digunakan untuk perlindungan nilai (hedging) atau spekulasi pergerakan harga asetnya. Sebagai contoh, seorang produsen jagung bisa menggunakan futures untuk mengunci harga tertentu dan mengurangi risiko (hedge). Di sisi lain, siapa pun bisa berspekulasi pada pergerakan harga jagung dengan mengambil posisi trading long atau short melalui futures.


Kenyataannya, tingkat pengiriman fisik aset seperti tertera dalam kontrak futures sangat rendah. Ini berarti fungsi perlindungan nilai (hedging) dan spekulasi dari kontrak futures sangat dimanfaatkan sehingga tidak perlu pengiriman fisik aset serta tidak perlu memegang kontrak hingga habis masa berlakunya. Sebagai contoh, jika Anda mengambl posisi trading long dari suatu kontrak futures, Anda juga bisa mengambil posisi short pada kontrak yang sama untuk mengimbangi posisi Anda. Ini berfungsi sebagai strategi exit posisi sebagaimana menjual saham di pasar modal untuk tutup posisi.


  • Wealth Creation Asia

    adalah sebuah perusahaan penyedia jasa.

    Find Out More >>
  • WBS Capital

    WBS Capital yang didukung oleh FxPro SuperTrader

    Find Out More >>
  • WCA School of trading

    RBO Startegy, Gartley Harmonic, Darvas Special

    Find Out More >>
  • WCA Charting Academy

    Learn practical trading strategies for various.

    Find Out More >>